PERANCANGAN SEKOLAH LUAR BIASA DI KOTA TANGERANG DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR PERILAKU

Authors

  • Hamzah Abdul Rahman Universitas Budi Luhur
  • Putri Suryandari
  • Tri Endangsih

Keywords:

Pendidikan, Anak Berkebutuhan Khusus, Sekolah Luar Biasa, Kota Tangerang, Arsitektur Perilaku

Abstract

Pendidikan adalah hak asasi setiap warganegara. Kota Tangerang merupakan salah satu kota di Provinsi Banten yang memang merupakan kota Pendidikan dan berakhlakul karimah. Pendidikan sangat penting untuk anak berkebutuhan khusus di kota Tangerang. Di harapkan sekolah luar biasa di Kota Tangerang dapat menjadi wadah, sarana, dan memiliki fasilitas yang lengkap untuk anak sekolah luar biasa. Sasaran sekolah luar biasa ini adalah anak penyang disabilitas yaitu Tunatra, Tunarungu, Tunagrahita, Tunadaksa, Tunalaras, Solusi dari pemasalahan ini adalah menyediakan sekolah luar biasa yaitu untuk tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, dan tunalaras, serta menyediakan asrama di setiap tipe sekolah luar biasanya. Terdapat juga penunjang yaitu kantin, klinik, service, gedung olahraga untuk atlet, masjid, gedung pengelola, dan fasilitas lapangan yang tersedia di setiap tipe sekolah luar biasa. Luas lahan perancangan sekolah luar biasa ini adalah 44.000 m2 (4,4 Ha), terlerak di Jl. Sukaasih, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten  Dengan menggunakan arsitektur perilaku di sekolah luar biasa di Kota Tangerang ini dapat memudahkan anak berkebutuhan khusus untuk mendapatkan kenyamanan pendidikan yang baik, dari segi fasilitas, aksesbilitas. Penerapan konsep pada desain terletak pada bagian site dengan menggunakan guilding blocks, dan ramp pedestrian, serta penggunaan parkir disabilitas untuk penyandang tunadaksa. Selanjutnya, digunakan pada bagian dalam bangunan yang menggunakan guilding blocks, ramp, handrail, toilet disabilitas, dan penggunaan kaca yang tidak menjadi fokus utama.

 

Downloads

Published

2024-10-18